Minggu, 06 Februari 2011

Format RPP Terbaru 2011

  • Petunjuk Pengisian Format RPP
    A. Identitas
    Tuliskan identitas RPP terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas-/Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu (lihat format RPP pada lampiran).

    Catatan:
    1. RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
    2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun dan telah diberlakukan dalam suatu satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK).
    Menjadi perhatian: Standar kompetensi – kompetensi dasar – indikator adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan.
    Indikator adalah perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa siswa telah mencapai kompetensi dasar.
    Kompetensi Dasar adalah sejumlah kompetensi yang memberikan gambaran bahwa siswa telah mencapai standar kompetensi.
    3. Indikator merupakan:
    Penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
    Dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
    Rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
    Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
    Disusun dengan kalimat operasional (dapat diukur) berisi komponen ABCD (Audience = Siswa, Behavior = Perilaku, Competency = Kompetensi dan Degree = peringkat/ukuran).
    4. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 40 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

    B. Tujuan Pembelajaran
    Tuliskan output (hasil langsung) dari satu paket pengalaman belajar yang dikemas oleh guru, karena itu penetapan tujuan pembelajaran dapat mengacu pada pengalaman belajar siswa.
    Misalnya:
    Pengalaman belajar: Mengumpulkan informasi tentang penyakit tekanan darah tinggi dan stroke dari berbagai sumber (SMP/MTs).
    Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat melaporkan hasil pengumpulan informasi tentang penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.
    Contoh lain:
    Pengalaman belajar: Mendapat informasi tentang sistem peredaran darah pada manusia dan mengkomunikasikan kepada sesama siswa di kelas.
    Tujuan pembelajaran, boleh salah satu di antara atau keseluruhan tujuan pembelajaran berikut:
    1. Siswa dapat menjawab pertanyaan guru berikut:
    a. Organ apa saja yang termasuk ke dalam alat-alat peredaran darah.
    b. Sebutkan bagian-bagian jantung.
    c. Deskripsikan mekanisme peredaran darah pada manusia.
    2. Siswa dapat merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman sekelasnya.
    3. Siswa dapat mengulang kembali informasi tentang peredaran darah yang telah disampaikan oleh guru.
    Bila pembelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut waktu pertemuan, sehingga target-target produk tiap pembelajaran jelas kelihatan.

    C. Materi Pembelajaran
    Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan indikator. Materi dikutip dari materi pokok yang ada dalam silabus. Materi pokok tersebut kemudian dikembangkan menjadi beberapa uraian materi. Untuk memudahkan penetapan uraian materi dapat diacu dari indikator.
    Contoh:
    Indikator: siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan (SMA/MA)
    Materi pembelajaran:
    Ciri-Ciri Kehidupan:
    Nutrisi, bergerak, bereproduksi, transportasi, regulasi, iritabilitas, bernapas, dan ekskresi.

    Contoh lain:
    Indikator: Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan (IPA Kelas IV SD)
    Tujuan Pembelajaran: Menyebutkan jenis-jenis makanan hewan meliputi hewan darat dan hewan air.
    Materi pembelajaran:
    Jenis-jenis makanan hewan:
    Jenis-jenis makanan hewan hidup di darat
    Jenis-jenis makanan hewan yang hidup di air

    D. Metode Pembelajaran
    Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.
    Karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode-metode yang diintegrasikan dalam satu pengalaman belajar siswa:
    1. Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya: pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah, dan sebagainya.
    2. Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah, inquiri, observasi, tanya jawab, dan seterusnya.

    E. Langkah-langkah Pembelajaran
    1. Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
    Langkah-langkah standar yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:
    a. Kegiatan pendahuluan
    Orientasi: memusat perhatian siswa terhadap materi yang akan dibelajarkan. Dapat dilakukan dengan menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, membaca berita di surat kabar dan sebagainya.
    Contoh:
    ”Anak-anak sekalian, perhatikan apa yang saya pegang. Karim, silahkan kamu menyebutkan apa yang saya pegang”.
    Penyebutan nama siswa dalam RPP akan sangat membantu guru dalam melakukan pengendalian siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran.
    Apersepsi: memberikan persepsi awal kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan.
    Contoh:
    Siswa mengamati gambar (gunting koran) tentang bangunan/benda-benda yang rusak akibat gempa bumi (gambar tidak harus seragam).
    Tahap ini juga dapat digunakan untuk mengetahui pengetahuan prasyarat yang harus dimiliki siswa, dapat digali dengan melakukan pretest.
    Motivasi: Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari gempa bumi, bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan gempa bumi, dsb.
    Pemberian Acuan: biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
    Pembagian kelompok belajar dan penjelasan mekanisme pelak-sana¬an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
    b. Kegiatan inti
    Berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui siswa untuk dapat menkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing-masing. Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar siswa dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan pembelajaran dan indikator.
    Untuk memudahkan, sebaiknya kegiatan inti dilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswa (LKS).
    Catatan: LKS yang ada pada buku LKS yang diperdagangkan belum tentu sesuai dengan rencana yang disusun oleh guru.

    c. Kegiatan penutup
    Guru mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan.
    Guru memeriksa hasil belajar siswa. Dapat dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta siswa untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun atau dalam bentuk tanya jawab dengan mengambil ± 25% siswa sebagai sampelnya.
    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi-/pengayaan.
    2. Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
    Contoh:
    Pada suatu pembelajaran digunakan model ”Pembelajaran Langsung”. Langkah-langkah pembelajaran disusun sesuai dengan sintaks pembel-ajaran langsung sebagai berikut:
    FASE-FASE PERILAKU GURU
    Fase 1
    Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa Menjelaskan tujuan pembelajaran/indikator, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar
    Fase 2
    Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan Mendemonstrasikan keterampilan yang benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
    Fase 3
    Membimbing pelatihan Merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan awal.
    Fase 4
    Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan.
    Fase 5
    Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan Mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dalam kehidupan sehari - hari

    F. Sumber Belajar
    Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber (tenaga ahli, seperti bidang, lurah, polisi, dsb), alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
    G. Penilaian
    Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.
    Contoh:
    Soal : Tuliskan 3 akibat tidak memiliki rasa tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari
    Pedoman Penskoran:
    No. Kunci/Kriteria Jawaban Skor
    1. Sering mendapat masalah 1
    2. Pekerjaan terbengkalai 1
    3. Diremehkan orang lain 1
    Skor maksimum 3

    Contoh lain:
    1. Di manakah letak kelenjar pankreas?
    2. Tuliskan dan jelaskan enzim yangdihasilkan pankreas!
    3. Di manakah enzim-enzim itu aktif?
    Pedoman Penskoran:
    No. Kunci/Kriteria Jawaban Skor
    1. Pankreas terletak di rongga perut ........ 1
    2. Enzim yang dihasilkan pankreas:
    Tripsin untuk mengubah protein menjadi peptida dan asam-asam amino 2
    Amilase untuk mencerna tepung menjadi maltosa dan disakarida lain 2
    Lipase untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol 2
    Bikarbonat untuk menetralisir HCl yang masuk ke usus dari lambung 2
    3. Enzim-enzim itu aktif di usus halus 1
    Skor maksimum 10

    Perlu disadari oleh guru, bahwa:
    1. RPP yang benar akan berdampak pada penulisan materi ajar dan LKS sendiri oleh guru. Sebab materi ajar pada Buku Pegangan Belajar Siswa dan LKS (yang dijual bebas) belum tentu sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun oleh guru.
    2. Karena RPP disusun sendiri oleh guru, maka akan timbul dorongan pada diri guru untuk menyiapkan fasilitas pembelajaran untuk memudahkan siswa untuk belajar.
    3. Ide-ide kreatif yang bertujuan membelajarkan siswa akan berdampak pada peningkatan efektifitas pembelajaran.
    4. Ide-ide kreatif tersebut hanya dapat dihasilkan oleh seorang guru yang ikhlas berusaha mencerdaskan siswanya.
  • forum diskusi guru se indonesia
    CONTOH:
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)
    A. Identitas
    Nama Sekolah : ...................................
    Mata Pelajaran : ...................................
    Kelas/Semester : ...................................
    Standar Kompetensi : ...................................
    Kompetensi Dasar : ...................................
    Indikator : ...................................
    Alokasi Waktu : ..... x 40 menit (… pertemuan)

    B. Tujuan Pembelajaran
    C. Materi Pembelajaran
    D. Metode Pembelajaran
    E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan 1
    Kegiatan Awal
    Kegiatan Inti
    Kegiatan Penutup
    Pertemuan 2
    Kegiatan Awal
    Kegiatan Inti
    Kegiatan Penutup
    Pertemuan 3
    dst
    F. Sumber Belajar
    G. Penilaian

    Mengetahui: Guru Mata Pelajaran,
    Kepala Sekolah...................,

    .............................................. ..................................................
    NIP. NIP.

    Berikut ini dilampirkan beberapa contoh RPP yang masih bersifat umum, masih membutuhkan rincian kegiatan pembelajaran yang spesifik sesuai dengan kebutuhan belajar siswa di masing-masing sekolah/daerah.
  • forum diskusi guru se indonesia
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Nama Sekolah : SMP
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas/Semester : I/1
    Alokasi waktu : 10 jam
    Tujuan : Siswa dapat berinteraksi secara lisan dalam bahasa Inggris terutama dalam hal perkenalan diri dan orang lain, sapaan, ucapan terima kasih dan permintaan maaf

    SK dan KD
    Listening-Speaking
    Siswa dapat berinteraksi secara interpersonal sangat sederhana dengan lingkungan terdekat, terutama dalam
    - Perkenalan diri/orang lain
    - sapaan
    - ucapan terima kasih
    - permintaan maaf

    Indikator
    - Siswa terbiasa menyapa orang lain dengan ungkapan yang benar dalam bahasa Inggris sesuai dengan waktu dan orang yang diajak bicara.
    - Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga inti dan terdekat, dengan ungkapan seperti ‘This is my father. This one is my mother.
    - Siswa dapat menyebutkan nama benda-benda yang ada di rumahnya dengan ungkapan seperti: ‘I have a big bed, my living room is small but nice.’, dengan ucapan dan tata bahasa yang benar.

    Materi Ajar
    Tema: My Family
    Sub-Tema:
    - Family Life
    - Identity
    - Home Environment


    Metode Pembelajaran

    Family Life:
    Tatap Muka Terstruktur Mandiri
    Mengamati model interaksi interpersonal yang diperagakan oleh guru atau teman
    PR: menghafal secara lisan model percakapan pendek tertulis yang diberikan guru
    Siswa membiasakan diri untuk menyapa, meminta maaf, berterimakasih kepada guru dan teman dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan yang tepat, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris


    Identity
    Tatap Muka Terstruktur Mandiri
    Mengamati model cara menyebutkan hubungan keluarga dalam keluarga inti dan keluarga terdekat PR: menyebutkan orang-orang dan hubungan keluarga dalam keluarga inti dan keluarga terdekat: diri sendiri, teman, saudara, dsb. Berlatih secara terus menerus menyebutkan hubungan keluarga antar orang-orang yang ada di sekitarnya atau siapa saja yang diketahui.


    Home Environment
    Tatap Muka Terstruktur Mandiri
    Mengamati model cara mengucapkan nama-nama benda PR: menghafal nama benda-benda yang sudah dipelajari sebelumnya dengan ucapan yang benar Dengan bekerja sama dengan teman-temannya dan bantuan guru, orang tua atau orang lain di sekitarnya (jika ada), berusaha mendapatkan nama-nama dalam bahasa Inggris berbagai benda lain yang terdapat di rumahnya dan lingkungan sekitarnya.


    Alat dan Sumber Belajar

    Family Life
    - Ucapan-ucapan guru ketika mengajar dengan bahasa Inggris
    - Contoh-contoh teks fungsional pendek tertulis dari buku teks atau sumber-sumber lain

    Identity
    - Gambar
    - Orang-orang dalam keluarga inti dan keluarga dekat siswa

    Home Environment
    - Ucapan-ucapan guru ketika mengajar dengan bahasa Inggris
    - Contoh-contoh teks fungsional pendek tertulis dari buku teks atau sumber-sumber lain

    Penilaian
    Aspek yang dinilai
    Mendengarkan/Berbicara:
    - Tercapai tujuan (terhibur atau mendapatkan nilai moral yang disampaikan)
    - Penggunaan ungkapan
    - Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
    - sikap
    Membaca Pemahaman:
    - Mengidentifikasi hubungan keluarga orang-orang yang ada dalam teks
    Membaca nyaring:
    - Pengucapan, intonasi, tata bahasa, kosa kata
    - Sikap
    Menulis:
    - Ketepatan penggunaan sebutan untuk hubungan keluarga sesuai dengan bagan silsilah yang diberikan.
    - Ejaan, tanda baca, tulisan tangan

    Cara penilaian:
    - Tes lisan/tertulis
    - Observasi kelas
    - Penilaian guru
    - Penilaian teman
    - Penilaian diri
    - Portofolio.


    Contoh Rubrik Penilaian


    Format Penilaian ‘Retelling Story’
    (Menggunakan Skala Penilaian)

    Nama Siswa: ________ Kelas: _____
    No. Aspek Yang Dinilai Nilai
    1 2 3 4
    1. Content
    2. Fluency
    3. Language
    a. Pronunciation and intonation
    b. Grammar
    c. Vocabulary
    4. Performance ( eye contact, facial expression, gesture)
    Jumlah
    Skor Maksimum 20
    Keterangan penilaian:
    1 = tidak kompeten
    2 = cukup kompeten
    3 = kompeten
    4 = sangat kompeten

    Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar